PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI YANG KREATIF, INOVATIF DAN MENYENANGKAN DI SMK RIYA SAHID SUKOHARJO
Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, baik Mata Pelajaran Muatan Umum, Muatan Lokal maupun Kejuruan, sesuai agenda bidang kurikulum adalah implementasi pembelajaran berdiferensiasi, mulai hari Senin 16 – 27 Oktober 2023.
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang dikembangkan untuk merespon kebutuhan siswa dalam belajar yang bisa berbeda-beda, meliputi kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajarnya. Bentuk pembelajaran berdiferensiasi di kelas dapat mencakup tiga jenis, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Diferensiasi konten berkaitan dengan perbedaan kontens materi yang diajarkan kepada siswa sebagai tanggapan dari kesiapan belajar siswa, minat, atau profil belajarnya (visual, auditori, kinestetik) atau bahkan bisa kombinasi dari ketiganya. Diferensiasi proses berkaitan dengan perbedaan proses pembelajaran dengan menyediakan kegiatan berjenjang, adanya pertanyaan pemandu atau tantangan, membuat agenda individual siswa, memvariasikan waktu, mengembangkan kegiatan bervariasi, dan menggunakan pengelompokan yang fleksibel.
Diferensiasi produk berkaitan dengan perbedaan produk kepada siswa dengan memberikan tantangan atau keragaman variasi dan memilih produk apa yang diminatinya.
Untuk mendukung keberhasilan pembelajaran berdiferensiasi diperlukan suasana lingkungan belajar yang kondusif. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif antara lain dengan mengembangkan komunitas belajar, membangun sikap menghargai, menciptakan rasa aman secara fisik dan psikis, membangun harapan bagi pertumbuhan, membangun mencapai kesuksesan, dan adanya keadilan dalam bentuk karya nyata.
Implementasi pembelajaran berdiferensiasi memerlukan persiapan-persiapan yang baik. Langkah-langkah persiapan yang perlu dilakukan agar pembelajaran berdiferensiasi dapat berjalan efektif antara lain: (1) menentukan tujuan pembelajaran; (2) memetakan kebutuhan belajar siswa (kesiapan belajar, minat, profil belajar; (3) menentukan strategi dan alat penilaian yang akan digunakan; dan (4) menentukan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi yang akan dijalankan (konten, proses, produk).
Seyogyanya guru harus memahami bahwa setiap siswa memiliki kodrat keadaan yang berbeda-beda. Tugas guru adalah menuntun mereka agar mendapatkan kesuksesan hidup sesuai dengan bakat, minat, potensi, dan prestasi yang dimilikinya. Dalam hal ini, mengimplementasi pembelajaran berdiferensiasi berarti telah menuntun siswa mengembangkan kemandirian siswa dalam mengembangkan dirinya. Dengan pembelajaran berdiferensiasi, siswa akan mampu bertanggung jawab terhadap proses dan hasil yang mereka peroleh, serta memiliki regulasi diri yang baik, sehingga akan diperoleh prestasi belajar yang optimal.
Sukses Pembelajaran Berdiferensiasi yang kreatif, Inovatif dan Menyenangkan, Sukses SMK Kriya Sahid Sukoharjo, Semakin Jaya.....
Bid. Kurikulum
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
KEGIATAN PSAJ ( PENILAIAN SUMATIF AKHIR JENJANG) TAHUN 2023/2024
Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) merupakan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan yang bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi kelulusan untuk semua mata pel
ASESMEN NASIONAL (AN) SMK KRIYA SUKOHARJO
Apa Itu Asesmen Nasional ? Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan ou
PELUNCURAN APLIKASI COMPUTER BASED TEST (CBT) SMK KRIYA SAHID SUKOHARJO
Selamat Mengikuti PAS Gasal 2021-2022 Berbasis CBT Kecanggihan teknologi di semua bidang tidak bisa dihindari termasuk dalam hal tes penilaian peserta didik. Menanggapi serta mengikuti
SIMULASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) SMK KRIYA SAHID SUKOHARJO
Alhamdulillah, setelah pada hari Kamis, 30 September 2021, dilakukan Verifikasi Kesiapan Simulasi Pembelajaran Tatap Muka oleh tim verifikator, yang terdiri dari Pengawas Sekolah Pembin